Jumat, 12 April 2013

Sukses Sangri-La Hotel berawal dari 5 Prinsip Dasar

Shangri-La Hotel merupakan jaringan hotel mewah yang didirikan oleh Robert Kuok pada tahun 1971 di Singapura. Sejak didirikan di Singapura, hotel ini memberikan pelayanan dengan segala fasilitas mewah. Pada tahun 1980 hotel ini mengalami pertumbuhan pesat di wilayah Uni Emirat Arab, Asia Tenggara, Asia Pasifik, Australia, bahkan Amerika Utara.
Namun, dari sekian banyak ekspansi yang dilakukan manajemen lebih berfokus pada pengembangan bisnisnya di Cina. Hal ini dikarenakan sejak akhir tahun 1980 pemerintah Cina mulai membuka diri kepada dunia internasional sehingga banyak event penting dunia yang diselenggarakan di sana. Cina merupakan satu-satunya negara yang tidak terkena dampak krisis Asia pada tahun 1998 karena pertumbuhan negara ini cenderung pesat sehingga kondisi bisnis Shangri-La pun tidak terkena dampak yang signifikan dari krisis ekonomi global tersebut.
 
Shangri-La Hotel memberikan pengalaman yang tidak terlupakan kepada para tamunya. Lima prinsip dasar yang ditawarkan oleh Shangri-La dalam melayani tamunya adalah respect, humility, courtesy, helpfulness, and sincerity. Manajemen hotel memberikan kebijakan pendelegasian wewenang kepada para karyawannya dalam pengambilan keputusan tuntuk melayani pelanggan dengan segera. Perusahaan ini mengelompokkan karyawannya ke dalam lima tingkatan manajemen. Setiap tingkatan manajemen tersebut memiliki otoritas untuk menggunakan dana untuk melayani kebutuhan para pelanggan dengan cepat. Hotel ini juga memiliki akademi perhotelan sendiri dengan tujuan agar para karyawan mampu meningkatkan keterampilan dan pemahamannya. Fokus utama dari akademi ini adalah mengajarkan kepada para mahasiswanya untuk secara efektif menggunakan otoritas pengambilan keputusan yang telah diberikan oleh manajemen.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, hotel harus memiliki jumlah karyawan yang lebih banyak dari jumlah tamunya. Hal ini bukan menjadi masalah bila hotel tersebut hanya beroperasi di wilayah Asia karena Asia merupakan pasar tenaga kerja dengan upah yang murah. Kondisi ini sangat menguntungkan perusahaan karena manajemen hotel mampu meraih keuntungan yang cukup signifikan akibat biaya tenaga kerja yang relatif murah. Sekali lagi, akademi perhotelan Shangri-La mampu menjadi solusi dari masalah ini karena perusahaan bisa memberikan pelatihan melalui akademi tersebut dan lulusan dari akademi tersebut bisa ditempatkan di seluruh wilayah ekspansi pengembangan Sangri-La.

Saat ini Shangri-La Hotel menjelma menjadi sebuah jaringan hotel mewah dunia. Memiliki lebih dari 72 hotel dan memiliki lebih dari 30.000 kamar mewah di seluruh dunia. Shangri-La Hotel sekarang ini merupakan salah satu jaringan hotel mewah terbesar di dunia. Memiliki segmentasi pasar kelas atas, Shangri-La Hotel merupakan impian bagi sebagian orang untuk menginap di hotel tersebut.

Bagi anda yang ingin mencoba menginap di Shangri-La Hotel di Indonesia anda harus merogoh uang minimal sekitar Rp.1.500.000 per malam, dengan fasilitas super berstandar internasional kelas atas. 

Setiap kamar dirancang untuk memiliki keistimewaan, baik dari pemandangan ataupun fasilitasnya. Fasilitas kamarnya terdiri dari AC, LCD TV, mini bar dan kulkas, safety deposit box, sarung bantal dan bed cover linen, spring bed dengan kualitas terbaik, furniture kamar kayu berkualitas tinggi, kamar mandi yang lega dengan bath tube dari batu alam, perlengkapan mandi dengan signature Shangri-La, serta yang paling menarik adalah pemandagan dari balkon setiap kamar yang mengarah langsung ke luar hotel.
Shangri-La Hotel juga memberikan berbagai fasilitas di dalam hotelnya seperti lapangan tenis, kolam renang , sauna, spa, massage, fitness club, meeting room, ball room, kafe, dan restaurant. Restaurant yang dimiliki Shangri-La Hotel merupakan kategori restaurant hotel terbaik diantara hotel-hotel berbintang lainnya yang merupakan salah satu keunggulan yang dapat dijadikan promosi untuk maraup sukses di berbagai negara di seluruh dunia. Sangri-La Hotel sangat tau bagaimana memuaskan tamunya yang pada akhirnya akan mendatangkan keuntungan dan kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer